Minggu, 03 Januari 2010

WARNING !!! JANGAN KECANDUAN MANCING !!!

Sengaja saya bikin blog dengan nama "NARKOCING", karena setelah medalami dunia pancing memancing selama 32 tahun, saya dapat mengambil hikmah-filosofi sekaligus dampak negatif yang di timbulkannya. NARKOCING adalah Narkotising mancing. Artinya narkotising itu kecanduan, mancing..... ya mancinglah ! mencari ikan dengan sarana kail dan joran.

Keuntungan Pertama yang saya peroleh dari mancing selama ini, mancing sebagai pelarian dari metabolisme otak yang saya hipnosis untuk melepaskan permasalahan yang sifatnya hanya sesaat. Dalam ilmu anatomi disebut "menipu otak" saja.
Kedua, bisa menjelajah tempat tempat pemancingan terutama sesuai dengan spesialisasi yang saya pilih yaitu PEMANCING WADUK. Ketiga, mendapatkan ikan yang tidak pernah lebih dari satu kuintal.

Keempat, mengenal karakter ikan di waduk yang berbeda-beda. Karakter ikan masing-masing waduk berbeda satu dengan lainnya, terutama dalam hal tarikannya.

Kelima, sesungguhnya puncak kenikmatan dari memancing yang saya rasakan adalah ketika joran melengkung, merasakan hentakan tarikan ikan sebesar 4,2 kg. Bagi pemancing waduk, adakah yang lebih menyenangkan dari itu?

FILOSOFI
Memancing bukanlah pelarian, hanya penghiburan. itu pun sesaat. Jangan sekali-kali memancing dengan membawa bekal kegalauan, sedih dan berbagai problema kehidupan. Karena sang ikan tak kan pernah menghampiri umpan-umpan berbumbu pelarian dan pelampiasan kekesalan atau kesedihan itu.

Bukankah dalam kenyataannya-setelah pulang mancing, problema yang menggelayuti kita masih belum juga terpecahkan, bahkan timbul permasalahan baru. Konflik internal dengan istri, anak atau anggota keluarga lainnya. Mereka pun butuh "umpan". (continued)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar